Senin, 03 April 2017

Tulang Belakang Manusia




Tulang belakang adalah salah satu bagian dari  rangka badan yang terdiri atas 7 ruas tulang leher, 12 ruas tulang punggung, 5 ruas tulang pinggang, 5 ruas tulang belakang bersatu dan 4 ruas tulang ekor bersatu.

Tulang belakang manusia mempunya fungsi untuk melindungi sumsum tulang belakang dan juga memberikan kekuatan dan penompang tubuh. Ada beberapa hal yang mempengaruhi pertumbuhan tulang belakang, yaitu :

1. Sikap Duduk; kebiasaan duduk yang tidak baik akan mempengaruhi pertumbuhan tulang belakang dan dapat menyebabkan terjadinya gangguan-gangguan pada tulang.  Duduk yang baik adalah punggung tetap tegak.

2. Sikap Berdiri; sikap berdiri juga akan mempengaruhi pertumbuhan rangka, sikap berdiri yang baik adalah sikap berdiri tegak karena akan membentuk rangka tubuh yang tegak.  Sedangkan sikap berdiri yang bungkuk akan membentuk rangka tubuh yang bungkuk.

3. Sikap Tidur; kebiasaan tidur akan mempengaruhi perkembangan tulang belakang, jika posisi tidur yang tegak akan membentuk rangka tubuh yang tegak, sedangkan tidur dengan sikap melengkung dapat mengakibatkan rangka tubuh melengkung.

Jadi agar memeliki rangka tubuh yang baik berusahalah bersikap yang baik pada saat duduk, tidur, berdiri, atau melakukan aktifitas lain.

Zat Gizi yang diperlukan untuk kesehatan tulang :
1. Zak Kapur (Kalsium)
Untuk menjaga agar tulang tetap sehat, tidak keropos, untuk pembentukan tulang yang kuat.  Zat kapur terdapat dalam susu dan kacang-kacangan.

2. Fosfor
Agar tulang tetap sehat dan kuat, zat fosfor terdapat juga dalam kacang-kacangan dan sereal.

3. Vitamin D
Dalam masa pertumbuhan tulang membutuhkan vitamin D agar tulang dapat tumbuh dengan baik. Vitamin D terdapat dalam kuning telur dan hati.  Sinar matahari di pagi hari membantu pembentukan vitamin D dalam tubuh.

Penyakit yang menyerang tulang salah satunya adalah Osteoporosis, dimana tulang menjadi rapuh dan akhirnya patah. Osteoporosis biasanya menyerang wanita pada usia 45 tahun dan pria yang berusia 50-60 tahun.

Usia 45 tahun keatas adalah usia rawan terkena penyakit osteoporosis jadi harus hati-hati dalam beraktifitas sehari-hari.

Selain osteoporosi, ada cedera yang menyerang beberapa tulang rusuk belakang bisa mengakibatkan rasa sakit yang tidak tertahan, dan penanggulangannya bisa dengan operasi.  Untuk menghindari tersebut jangan melakukan aktifitas yang berat, olah raga ringan di pagai hari dengan sinar matahari pagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berbakti Kepada Orang Tua

Berbakti kepada orang tua tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Hal yang harus direnungkan : Yang bisa menembus ruang dan waktu adalah p...